Rabu, 04 Februari 2015

Stages in Creative Process

Sedikit ilmu yang didapatkan dari dosen perancangan I pagi ini untuk menemukan ide atau solusi dari setiap  permasalahan yang ada :
  1. Preparation : Find the "right answer"
    • Mencari gunting atau alat potong?
    • Mencari kursi atau tempat duduk?
    • Mencari pulpen atau alat tulis?
    • Mengejar seorang spesifik atau mencari pasangan hidup?
    • Karena apabila solusi sudah terkotakkan sejak awal, maka proses berpikir kreatif akan selesai di tahap ini, sebagai contoh kalau yang kita cari alat potong, bisa jadi jawabannya adalah sebuah benang. Jauh lebih murah dan mudah. Kalau yang dicari tempat duduk, bisa jadi jawabannya tas, jauh lebih praktis. Kalau yang dicari alat tulis, darah pun bisa jadi solusi, simple.
  2. Incubation : Be alone, then muses to find every alternatives exist
    • Proses inkubasi ide bisa jadi dilakukan sendiri, ataupun bersama-sama. Apabila satu orang mampu menghasilkan 10 alternatif solusi, minimal jika 2 orang yang melakukannya dapat mengeluarkan 50 solusi, bukan 2 x @10 = 20 solusi
    1. Illumination : Finding enlightenment from the alternative found
      • Pada fase ini, anda dilarang untuk melakukan judgment yang terlalu dini, tidak ada solusi yang terlalu aneh sampai harus ditertawakan. Sebagai contoh solusi memotong rumput menggunakan gigi dapat dikembangkan menjadi gigi baja, namun apabila anda sudah berhenti dan menertawakan alternatif gigi, maka proses pengembangan menjadi gigi baja tidak akan pernah terjadi
    2. Verification : Is the alternative Possible to do?
      • Langkah selanjutnya cukup simple, anda hanya perlu melihat apakah pilihan alternatif yang ada memungkinkan untuk dilakukan dengan sumber daya yang ada saat ini. Hal ini merupakan salah satu fungsi manajemen dimana dengan sumber daya yang ada, kita mampu mencapai tujuan yang diinginkan. Dapat digunakan beberapa metode dalam pertimbangan seperti metode AHP(Analytic Hierarchy Process) atau perbandingan berpasangan.
    3. Execution : Do/choose it
      • Fase terakhir adalah eksekusi pilihan alternatif terbaik.
    Nah... The desired one is not always the best ternyata, feasibility juga harus dipertimbangkan dong

    Btw iklannya Liam Neeson di Super Bowl tentang Clash of Clans ini super lucu ya, wkwkwk

    " I don't know you, BigBuffetBoy85, but if you think you can hummiliate me and take my gold, think again.

    Oh, I'm coming for you with lots of barbarians and dragons. I can't wait to destroy your village, while you beg for mercy. but you will get no mercy. I will have my revenge"

    Parodi dari salah satu cuplikan scene legendaris Taken, one of my favorite film..




    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar