Senin, 21 Juli 2014

Yang Paling Penting : Jujur



“Sing paling penting iku jujur, mesti disenengi wong akeh.ne’ wis dipercoyo orang idup mesti bahagia. Ojo lali nolong sesama, kon irup ndak sendirian suatu saat yo butuh wong liane.”

     Setiap tahunnya di hari raya idul fitri kami sekeluarga selalu pulang kampung ke Kota Kediri. Setiap tahun pula nenek dari ayah yang hidup sendiri ini terlihat semakin lemah. Libur tahun ini bahkan nenek sudah nggak bisa bangun lagi dari tempat tidurnya. Nenek yang mengalami pengapuran tulang sudah tidak mampu lagi duduk padahal beberapa bulan yang lalu ketika saya diopname karena radang usus beliau bersikeras untuk terbang ke Bandung guna menjenguk cucu kesayangannya ini, namun Kelud melarang nenek untuk pergi waktu itu.
     Saya cucu kesayangan nenek memang, saya sering banget diberi wejangan kalo lagi pulang kesini.     Beberapa pesannya yang masih saya ingat diantaranya “Kalau anak laki, kuliahnya di ITB, Menteri – menteri itu sekolahya di sini, yo kamu tak doain supaya jadi menteri juga nanti” Ini pesan waktu saya kelas tiga dan bingung mau masuk mana, sejak ini saya mantap memilih ITB dan Alhamdulillah disini saya sekarang. Pernah juga nenek bilang “jangan pacaran dulu sampai lulus kuliahnya nanti, fokus dulu, kalau udah jadi orang dan bisa bertanggung jawab baru kalian cari” beliau bilang gini waktu lebaran tahun 2011, waktu itu cucunya (ada 6 yang disana waktu itu) pada sibuk mainan hape, nenek terus nanya satu – satu siapa yang udah punya pacar? Kebetulan saya dan saudara saya yang lagi kuliah di Malang aja yang belum punya waktu itu. Alhamdulillah juga saya masih nurutin pesan yang ini.
     Dan lebaran kali ini nenek semakin terlihat lemah, bahkan udah nggak bisa turun dari kasurnya lagi. Disetiap sholat iedul Fitri selalu terselip doa supaya saya bisa ketemu lagi liburan selanjutnya. Amin. Dan sepenggal kalimat diatas itu adalah salah satu pesan nenek tahun ini yang disampaikan dengan tubuh lemas sembari berbaring dikasurnya.
     Semoga advice ini bukanlah advice terakhir nenek, amiin...

1 komentar:

  1. Kebetulan saya dan saudara saya yang lagi kuliah di Malang aja yang belum punya waktu itu.

    loh?

    BalasHapus