Kamis, 01 Januari 2015

Raport Tengah Musim Manchester United (1)

     Setengah musim pertama English Premier League telah terlewati setelah masing-masing tim melakukan 19 pertandingan dan bertemu masing-masing satu kali. Manchester United saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara dengan torehan 36 poin, tertinggal 10 poin dari pemimpin sementara Chelsea. Kali ini saya akan melakukan evaluasi tengah musim berdasarkan performa masing-masing pemain dan tim secara keseluruhan dari capain United saat ini.



David de Gea











Setengah musim yang luar biasa bagi penjaga gawang nomor satu United pada musim ini, menahbiskan diri sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di planet bumi saat ini dengan penyelamatan-penyelamatan gemilang yang dilakukan dalam menjaga gawang United. Penampilan de Gea berkembang pesat sejak kedatangannya 3,5 tahun lalu, terutama dalam segi positioning, antisipasi umpan lambung, dan penyelamatan one-on-one. Beberapa kali menyelamatkan United dari kekalahan atau hasil seri seperti ketika menjaga gawang dari gempuran Chelsea, Arsenal, dan Liverpool dengan Balotelli dan segala lawakannya.  
Rating : 10

Rafael












Keputusan pelatih baru yang menggunakan 2 bek sayap dalam skema 3-5-2 sebenarnya memberikan secercah harapan bagi Rafael untuk dapat masuk berdasarkan gaya mainnya yang cocok sebagai Wing Back. Namun cidera menghalangi permainannya dan saat ini posisi sayap kanan harus ia relakan pada Antonio Valencia yang saat ini settle pada posisi ini. dan membuat Rafael harus rela menunggu kesempatannya.
Rating : 6

Antonio Valencia

Ditempatkan pada posisi baru yang belum begitu familiar untuknya yaitu pada posisi wing back kanan, namun pengalamannya ketika ditempatkan sebagai bek kanan murni dua tahun terakhir sedikit banyak membantunya menancapkan posisinya di posisi ini. Pilihan utama van Gaal di posisi bek sayap kanan ini bebrapa kali tampil brilian seperti ketika menunjukkan solo run melewati beberapa pemain Liverpool untuk memberikan assist bagi sang skipper, sebuah assist yang brilian. Namun penampilan bertahannya masih berada di batas rata-rata.
Rating : 7

Phil Jones













Sempat digadang sebagai bek utama menggantikan duo pilar yang meninggalkan Old Trafford, Ferdinand-Vidic. Namun cidera hamstring berkepanjangan membatasi penampilannya musim ini. Namun kehadirannya didalam lapangan ketika fit cukup memberikan rasa aman bagi pertahanan United.
Rating : 6

Chris Smalling












Sempat cidera dan mendapatkan kartu merah kala bersua Manchester City hingga disebut "Konyol" oleh van Gaal, Namun kembali menghadirkan rasa aman pada bagian pertahanan ketika kembali pada pertandingan melawan Arsenal dan Southampton. Satu golnya kala bertemu Hull dan penampilan apiknya mungkin pertanda bahwa dirinya akan menjadi pengganti sepadan bagi duet Ferdinand-Vidic pada jantung pertahanan United apabila terus ditampilkan secara konsisten,
Rating : 7

Jonny Evans











Lagi-lagi bukan musim yang baik bagi Evans yang tidak pernah mencapai level permainan tertinggi seperti yang diharapkan fans United. Semakin menunjukkan level medioker bek asli binaan akademi ini yang sepertinya tidak akan pernah berkembang ke level selanjutnya, Tampil 9 kali dan turut serta dalam hancurnya pertahanan United kala dikalahkan MK Dons 0-4 dan Leicester 3-5. Merupakan titik lemah United ketika diturunkan.
Rating : 5

Paddy McNair














Absennya beberapa bek tengah berpengalaman pada beberapa laga membuka kesempatan baginya dan Blackett yang merupakan bek akademi. Tampil sebanyak 9 kali dengan rekor menang 7 - Seri 1 - dan kalah 1 kala bersua City. Menjalani beberapa pertandingan besar ketika menghadapi City, Arsenal, dan Liverpool. Namun belum matangnya pemain ini terlihat pada penampilannya ketika melawan Soton dan harus diganti ketika babak pertama belum berakhir, namun secara keseluruhan memiliki masa depan yang menjanjikan dan memberikan pilihan pada bagian jantung pertahanan.
Rating : 6

Tyler Blackett













Salah satu bek tengah muda yang scara mengejutkan dipromosikan van Gaal bersama McNair. Sempat terlihat memberikan kualitas yang menjanjikan hingga insiden kartu merah pada laga melawan Leicester dan menjadi salah satu penyebab hancurnya pertahanan United pada pertandingan itu dengan skor 3-5. Bermain 8 kali dengan catatan 3 kartu kuning dan 1 kartu merah, masih belum matang.
Rating : 6

Marcos Rojo














Pembelian sukses United pada diri Bek Argentina di Piala Dunia 2014 ini. Dibeli dengan mahar 14 juta poundsterling dan saat ini menjadi pilihan utama untuk posisi bek tengah, namun dinilai belum menunjukkan penampilan terbaiknya seperti kala membawa Argentina ke final world cup 2014.
Rating : 7

Luke Shaw













Didatangkan untuk menjadi pengganti Patrice Evra yang hijrah diakhir musim lalu. Namun dinilai tidak cukup fit oleh sang pelatih pada masa pre-season. Tampil sebanyak 9 kali musim ini dan sering menghabiskan waktu di meja perawatan. Masih butuh waktu untuk membuktikan diri sebagai pengganti sepadan bagi Evra.
Rating : 6

Ashley Young














Sempat diisukan akan hengkang pada awal musim, namun akhirnya kembali menemukan form terbaiknya. Menjadi salah satu andalan United musim ini di sisi kiri dengan menempati posisi bek sayap kiri sebanyak 12 kali dengan catatan 8 kali melakukan shoot dan menyumbangkan 1 assist. Saat ini masih berada diatas Shaw sebagai pilihan di kiri dan tampak menemukan kembali teknik terbaiknya selain menjatuhkan diri dengan sengaja,
Rating : 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar