Jumat, 02 Januari 2015

Raport Tengah Musim Manchester United (2)

Michael Carrick











Salah satu pemain senior didalam kubu Manchester United saat ini. Sempat mengalami cidera diawal musim namun sukses menjadi metronome di lapangan tengah United sekembalinya dari cidera. Turut serta dalam menghadirkan 6 kemenangan beruntun United pada kurun November-Desember dan tak terkalahkan hingga 10 pertandingan. Pemain berusia 33 tahun ini telah menjadi katalis dalam permainan United dan menghadirkan ketenangan di lini tengah sebanyak 11 kali dengan torehan 1 assist.
Rating : 8

Daley Blind










Satu lagi pembelian sukses United. Dapat ditempatkan di posisi bek kiri ataupun gelandang tengah. Menghadirkan keseimbangan di tengah dan sudah bermain sebanyak 8 kali sebelum akhirnya harus menepi akibat cidera serius kala membela tim nasional Belanda. Sangat dominan di lapangan dengan 90,2% pass sukses ditambah catatan 1 buah gol.
Rating : 8

Darren Fletcher










Bermain sebanyak 10 kali namun kebanyakan dari bangku cadangan. tidak lagi mampu mendominasi permainan dengan match fitness yang tidak begitu baik meskipun mampu mengalahkan virus berat yang sempat membuatnya absen lama. Sempat didelegasikan sebagai wakil kapten United namun saat ini posisi tersebut dioper kepada Carrick, salah satu pertanda bahwa karirnya sudah habis?
Rating : 6

Ander Herrera












Mampu menyerang dan bertahan dengan sama baiknya, pemain yang aktif bergerak selama 90 menit pertandingan. Sempat menderita cidera tulang rusuk dan belum menjadi pilihan utama sekembalinya dari cidera. Namun ketika diturunkan mampu menghadirkan mimpi buruk bagi pertahanan lawan melalui posisi yang dalam. Memiliki catatan 2 gol dan 3 assist dari 10 pertandingan.
Rating :7

Marouane Fellaini












Sempat bernasib tidak jelas diawal musim setelah dimusim sebelumnya berposisi entah apa dengan fungsi yang tidak jelas sama sekali. Namun cidera dan ketiadaan klub peminat membuatnya tetap bertahan di teater mimpi. Namun perlahan van Gaal mampu menemukan kembali form terbaik Fellaini dan menjadikannya perusak pertama dari serangan lawan di lini tengah dan kadang mampu memecah kebuntuan melalui tendangan keras jarak jauh. Sudah menciptakan 2 gol, ke gawang Stoke dan West Brom. Namun fungsi rambut besarnya masih belum diketahui sampai saat ini.
Rating : 7

Anderson














Buruk dan kelebihan berat badan. Sudah selayaknya untuk dibuang sesegera mungkin karena tidak kunjung mencapai level yang diharapkan.
Rating : 4

Angel di Maria










Worthed untuk setiap sen yang dikeluarkan United pada diri pemain termahal EPL ini. Dihadirkan dengan biaya 57 juta poundsterling, pemain ini menghadirkan kretivitas yang hilang sejak kepergian CR7.  3 gol dan 6 assist sampai akhirnya ia cidera hamstring dan belum kembali ke level tertinggi lagi. Juru selamat United musim ini.
Rating : 9

Juan Mata














Pembajakan pemain terbaik Chelsea selama 2 tahun beruntun ini merupakan pembelian terbaik di era Moyes. Salah satu aktor penting dari kebangkitan United musim ini dengan 5 gol dan 3 assist dalam 17 pertandingan musim ini. Memiliki pass completion sebesar 90.3% dan memiliki kelebihan dalam melakukan key pass.
Rating : 8

Adnan Januzaj














Pemain muda andalan Moyes yang sering kali dijadikan starter musim lalu ini tidak mampu menunjukkan kemampuannya pada van Gaal sehingga kurang diberi kesempatan pada musim ini. Hanya tampil sebanyak 10 kali itupun 7 dari bangku cadangan tanpa banyak andil yang berarti. Dikabarkan akan reuni dengan Moyes di Sociedad sebagai pinjaman untuk sisa musim ini.
Rating : 6

Wayne Rooney












Kapten fantastis yang menjadi motor utama kebangkitan United. Selain kecerobohan yang dilakukan ketika mendapat kartu merah pada pertandingan melawan West Ham United, penampilannya sangat superior musim ini. Dapat menerima ditempatkan di posisi baru sebagai gelandang tengah sesuai kebutuhan tim memperlihatkan kedewasaanya yang semakin tumbuh dan tetap mampu memberikan yang terbaik dalam 16 pertandingan yang sudah dijalani dengan catatan 8 gol dan 4 assist serta 1.1 aerial won per laga. Gol coming from behind ala Scholes menjadi trade mark-nya musim ini seperti kala menjebol gawang Liverpool dan Newcastle. (Lihat Juga Artikel : Wayne Rooney : Scoring Conductor Now)
Rating : 9

Falcao









Striker yang dipinjam dari AS Monaco ini masih bergelut dengan masalah fitness selama setengah musim ini. Baru menghasilkan 2 buah gol ketika memberikan kemenangan dalam laga melawan Everton dan mengamankan poin kala bersua Aston Villa. Juga turut memberikan sumbangan 3 buah assist. Mulai menemukan ketajamannya diakhir Desember dan terlihat memiliki DNA kecintaan yang kuat bagi United.
Rating : 7

James Wilson










Striker muda binaan akademi yang sempat mencuat diakhir musim lalu ketika menciptakan 2 gol pada debutnya melawan Hull City. Namun musim ini belum memberikan bukti nyata dalam bentuk gol selama dipercaya tampil sebanyak 9 kali dimana 7 sebagai cadangan. Masih butuh banyak pengalaman dan diharapkan dapat belajar banyak dari striker kelas dunia yang berada di sekelilingnya seperti Falcao dan RvP.
Rating : 6

Robin van Persie












Striker utama United yang mulai dimakan oleh waktu. Meski sempat dicemooh diawal musim karena mnimnya gol yang ia sumbang, namun mampu menjawab kepercayaan van Gaal setidaknya dengan torehan 8 gol dan 2 assist. Masih akan menjadi pilihan utama setidaknya hingga akhir musim ini jika tetap mampu menjaga performanya saat ini.
Rating : 8

Louis van Gaal













Jenius. Sempat memberikan hasil yang kurang meyakinkan dalam 10 laga awal, namun selanjutnya tidak terkalahkan disisa pertandingan yang ia jalani. Sempat meminta waktu 3 tahun untuk membangun tim sesuai dengan filosofinya, namun terlihat sudah mampu menjawab apa yang diinginkan pihak manajemen untuk musim ini setidaknya untuk masuk ke Liga Champions lagi. Menghadirkan kembali rasa percaya diri yang hilang total di era Moyes dimana pemain bermain dengan ogah-ogahan dan bahkan membangkang pada manajer. Semoga mampu semakin meningkatkan permainan United di sisa musim dan ikut bersaing dalam perebutan gelar.
Rating : 10

Overall

Secara keseluruhan, permainan tim sudah jauh lebih baik dari musim lalu. Pemain menemukan kembali kepercayaan diri, ketajaman, dan fungsinya. Beberapa pemain bahkan mampu menunjukkan kembali taringnya yang walaupun sempat dinyatakan "habis" sebelumnya. Individu per individu sudah luar biasa, namun masih kekurangan jiwa pemimpin seperti Schmeichel, Gary Neville, Roy Keane, atau Cantona. Terbukti belum mampunya United melakukan comeback ketika lebih dahulu tertinggal. Rooney berpotensi menjadi pemimpin yang kuat untuk beberapa tahun mendatang. Lini pertahanan juga masih sering lalai dan panik ketika sudah keasyikan menyerang seperti kala bertemu Leicester.
Rating : 8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar